KOMITMEN MENULIS DI BLOG


Grup KBMN 31 
Pertemuan keduabelas
Rabu, 29.05.2024.
Narasumber: Drs, DEDI DWITAGAMA, M.Si.
Moderator: SIM CHUNG WEI, SP. 
Penulis: Cicih Suasih, S. Pd. 
Assalamu'alaikum, wr, wb. 
Selamat malam dan salam literasi buat sahabat se-nusantara. Tetap semangat. 💪. 

Untuk meniti keberhasilan dibutuhkan suatu komitmen. Komitmen akan menjaga niat dan usaha kita hingga mencapai titik impian. 

Blog sebagai salah satu media untuk menulis juga perlu suatu komitmen untuk menjaganya. Tentu ada trik, cara dan teknik untuk merawatnya. 

Materi di KBMN malam ini ada bagaimana kita dapat. "Berkomitmen Menulis di Blog".
Dengan nadasumber Drs, Dedi Dwitagama, M.Si. dipandu oleh moderator Sim Chung Wei, SP. Yang tak kalah menarik dengan materi sebelumnya. 

Bapak Drs. Dedi Dwigatama, M.SI merupakan bloger ternama (sejak 2005) sekaligus seorang guru Matematika dengan segudang pengalaman dari profesi bergengsi beliau lainnya yaitu Trainer, Narasumber dan Motivator (bidang pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan HIV Aids, Kepemimpinan, Publik Speaking, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif, Pendidikan Karakter dan Komunikasi/ TIK). Selain memiliki segudang prestasi yang membanggakan , beliau telah menulis 4269 judul di blognya dan memiliki 1.949.208 viewers.

Materi kita diawali dengan mencari tahu guru ataupun dosen yang paling favorit bagi kita. Dari sini kita bisa melihat guru atau dosen kita produktif. Produktif itu adalah menghasilkan suatu karya.

minimalis, seragam?
Terlalu serius?
Tak punya waktu buat sendiri
Tidak produktif

Mau Jadi Guru Hebat?

syarat utama adalah percaya diri.
Sebagus apapun kelas anda, sekolah anda, jika tidak didokumentasikan akan percuma.
Menulis jangan hanya dalam buku, tetapi juga bisa di blog.
Semuanya akan bisa dilihat kembali. Apalagi saat ini sudah banyak media yang bisa digunakan.

Sebagai contoh di kelas kita, ketika dalam berkelompok kita bisa menugaskan satu sebagai pendokumentasi kegiatan, bahkan anak-anak bisa dapat menuliskan di dalam blog atau media sosialnya.
TIPS MENULIS BLOG
1. TENTUKAN TUJUAN
     Ceritakan saja apa yang anda alami.
2. Fokus
    fokus pada apa yang kalian tulis. Jangan berpikir tulisan anda jelek.
3. Buat Outline
4. Mulai Menulis
5. Posting
6. ikuti Komunitas

Mempublish karya bisa kita buat dalam buku atau membuatnya dalam digital. Jangan hanya sebatas seragam, tetapi hendaknya dapat lebih bermanfaat. 
Blog merupakan salah satu wadah untuk kita mengakses hasil karya yang telah kita buat dan agar tulisan kuta banyak dibaca masyarakat luas dan bermanfaat. 

Kegiatan pada KBMN malam ini, sedikit berbeda karena melalui zoom dan bisa live bertatap muka mengenal sosok narasumber yang super hebat dan keren. Menjadi inspirasi kita sebagai penulis pemula. 
Terima kasih pak Dedi Dwitagama  yang sudah banyak membeberkan kisah pengalaman yang tak terhingga nilainya buat saya pribadi. 

W assalamu'alaikum, wr, wb

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis itu Mudah

Menulis Sudah Menjadi Kebutuhan